Cara Menghubungkan Mysql ke Python

pymysql python

Di post kali saya akan membahas bagaimana menghubungkan mysql ke python, langsung saja  berikut caranya

Pertama : Menyiapkan file lib mysql

kita download dulu file yang bernama PyMysql, filenya bisa di download di link bawah ini

https://pypi.org/project/PyMySQL/0.6.6/#files

Kedua : Untuk menginstall file lib tersebut

setelah kita selesai mendownload file tersebut, letak file tersebut di Drive C di luar, setelah itu buka cmd dengan cara mengklik kanan cmd, pilih run administrator, jendela cmd pun tampil, ketikan kode ini di cmd : C: && cd \  , supaya kita beralih ke directory awal di Drive C, baru ketik di cmd kode ini : pip install PyMySQL-0.6.6-py2.py3-none-any.whl, untuk menginstall file tersebut. Jika berhasil akan tampilan seperti gambar di bawah ini

install pymsql python


Ketiga : Setelah file tersebut sudah terinstal

sekarang kode untuk mengkoneksikan mysql ke python langsung saja buka idle python, new file, karena file tersbut adalah libnya python maka hal yang harus kita ketikan terlebih dahulu sebelum mengkoneksikan mysql ke python adalah dengan mengketikan :

import pymysql

untuk mengambil fungsi lib yang sudah kita install tadi. sekarang kita beralih kode python, kita ambil contoh untuk menampilkan data dari table genre di database perpustaka berikut kodenya :

hasilnya bisa diliat di python shell seperti dibawah ini :


python pymysql shell



sekian dari post kali ini, di post selanjutnya mungkin saya akan membahas cara membuat aplikasi python mengunakan database. jika ada kesalahan dan kekurang mohon dimaafkan, dan semoga post kali ini bermanfaat.



Admin Semoga Informasi Yang Diberikan Melalui Web Ini Dapat Bermanfaat Bagi Saudara/i

No comments for "Cara Menghubungkan Mysql ke Python"