Contoh Script PHP Dasar

Apa itu PHP, Belajar PHP, Bahasa PHP

Setelah kita mengenal Apa itu PHP? nah saat ini kita akan membahas bagaimana sih contoh script PHP itu. Sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya jelas kita harus membahas dasarnya terlebih dahulu yaitu cara penulisan script PHP.

Penulisan script PHP sendiri bisa ditempatkan dimana saja dalam dokumen (.html). Script/Syntax PHP harus diawali dengan <?php dan diakhiri dengan ?> seperti dibawah ini :

<?php
//Script ditulis di sini
?>

Biasanya file untuk PHP berekstensi .php dan file PHP biasanya berisi tag HTML. Untuk contohnya sama seperti pada artikel sebelumnya seperti dibawah ini :

<html>
<body>
<?php
echo "Hello World!";
?>
</body>
</html>

Akan menampilkan :


Untuk setiap akhir dari baris perintah PHP harus di beri ; (titik koma) tetapi ada beberapa perintah yang tidak diberi ; (titik koma) perintah tersebut akan kita bahas di artikel-artikel selanjutnya.

Penulisan Komentar pada PHP

Komentar adalah baris yang tidak akan di ekskusi sebagai program. Komentar hanya diperuntukan untuk dibaca oleh orang lain atau untuk pengingat saja. Untuk cara penulisannya sendiri ada beberapa macam tergantung kegunaannya, berikut contohnya :

<html>
<body>
<?php
// ini untuk membuat satu baris komentar

/*
ini untuk komentar yang memiliki
banyak
baris
untuk yang satu ini harus dibuka dan ditutup
*/

$a = 10 /* komentar bisa dimasukkan di tengah tengah perintah */ + 20;
?>
</body>
</html>

Perintah PHP tidak case-sensitive

Apa itu case-sensitive? Case-sensitive adalah aturan penulisan yang membedakan antara huruf kapital dan huruf kecil. Nah untuk PHP itu tidak case-sensitive untuk beberapa perintah seperti if, else, while, echo, dll. dan juga untuk class dan function. Tetapi untuk penulisan variabel itu berbeda, dalam PHP variabel itu case-sensitive jadi kita tidak asal menulis besar kecilnya. Untuk penulisan variabel akan lebih mudah jika kita menggunakan huruf kecil.

Nah itu adalah beberapa contoh penulisan script pada PHP dan juga ada beberapa aturan penulisan script PHP jangan sampai lupa ya karena ini dasar yang harus kalian ingat dalam pembuatan program dengan bahasa PHP. Sampai ketemu di artikel selanjutnya.
Admin Semoga Informasi Yang Diberikan Melalui Web Ini Dapat Bermanfaat Bagi Saudara/i

No comments for "Contoh Script PHP Dasar"