Variabel dan Tipe Data pada PHP


Selanjutnya kita akan mempelajari Variabel dan Tipe Data yang digunakan pada PHP yang bisa memudahkan kita untuk membuat sebuah aplikasi web. Di dalam PHP pasti akan susah jika kita terus menuliskan nilai yang sama berulang-ulang dalam setiap program, mungkin jika 1 atau 2 kali tidak akan menjadi masalah bagaimana kalo harus diulang hampai ratusan kali dan kita harus mengganti data satu-satu juga ada perubahan pasti akan sangat sangat merepotkan. Nah untuk masalah itu di PHP terdapat Variabel yang akan memudahkan kalian dalam pembuatan aplikasi web, mari kita bahas dibawah ini.

Variabel adalah suatu simbol atau wadah untuk tempat penyimpanan sementara yang nilainya dapat berubah-ubah. Data yang tersimpan pada Variabel akan hilang setelah program selesai dijalan kan dan nilai pada Variabel akan di reset menjadi default. Untuk memakai atau membuat variabel kita harus melakukan deklarasi dan inisialisasi terlebih dahulu sebelum melihat contohnya kita pelajari dulu bagaimana cara penulisan variabel yang benar, berikut syarat-syaratnya : 
    1. Untuk memberi nama variabel hanya boleh menggunakan huruf, angka, dan garis bawah ( _ ).
    2. Nama variabel harus diawali dengan tanda $.
    3. Tidak boleh menggunakan spasi pada nama variabel.
    4. Variabel bersifat case-sensitive (sudah dibahas di artikel Contoh Script PHP Dasar)
  • Deklarasi Variabel
Deklarasi variabel bisa disebut juga mendaftarkan variabel ke dalam program agar dapat dipakai. Deklarasi variabel biasa digabung dengan inisialisasi, berikut contoh :

<html>
<body>
<?php
$nama; //deklarasi variabel
?>
</body>
</html>

  • Inisialisasi Variabel
Inisialisasi variabel yaitu mengisi nilai untuk variabel dan dapat diubah lagi. Contoh Inisialisasi :

<html>
<body>
<?php
$nama="Hanif Hadyan"; //inisialisasi variabel
?>
</body>
</html>

  • Tipe Data
Dalam pemrograman PHP ada yang namanya Tipe Data dan itu berguna untuk membedakan data yang akan di input atau output. Macam tipe data pada PHP :

Nama Tipe Data Keterangan
Boolean Tipe data yang bernilai True atau False.
Integer Tipe data yang berisi bilangan bulat positif atau negatif.
Double/Float/Real Tipe data yang berisi bilangan pecahan atau real.
String Tipe data yang berisi satu atau kumpulan karakter.
Array Tipe data ini berbeda dengan tipe data diatas karena array adalah suatu tipe data yang di dalamnya diisi kumpulan tipe data lain.
Dan dalam penulisan tipe data pada variabel PHP dibedakan menjadi dua yaitu jika tipe datanya berupa angka maka tidak perlu menggunakan tanda petik (") tapi jika berupa karakter harus menggunakan tanda petik (") tetapi untuk boolean bersifat khusus (tidak perlu menggunakan petik). Contoh :

<html>
<body>
<?php
$nama="Hanif Hadyan"; //Karakter (string)
$tahun=2017; //untuk integer
$berat=65.7; //untuk float
$laki=true; //untuk tipe data boolean
$n[0]=10; //untuk tipe data array
?>
</body>
</html>

Itu semua adalah penjelasan tentang Variabel dan Tipe Data pada PHP semoga kalian paham dan selamat mencoba. Sampai bertemu di artikel selanjutnya.
Admin Semoga Informasi Yang Diberikan Melalui Web Ini Dapat Bermanfaat Bagi Saudara/i

No comments for "Variabel dan Tipe Data pada PHP"