Bahasa Pemrograman C++ Pengenalan

pengenalan cpp


Bahasa Pemrograman C++ : Pengenalan - Bahasa C++ adalah Bahasa Pemrograman yang dirancang untuk PBO (Pemrograman Berbasis Objeck) atau yang lebih dikenal dalam bahasa inggris OOP (Object Oriented Programming). File program C++ biasanya berektensi CPP ( C Plus Plus ).

Definisi

Bahasa Pemrograman C++ berasal dari pengembang dari bahasa C yang telah ditingkatkan, dengan ditandai dengan akhiran kata "++" yang memiliki arti naik satu tingkat. Bahasa C adalah bahasa tingkat menengah karena menggabung dari dua tingkat bahasa yaitu bahasa tingkat tinggi dan rendah, masing-masing tingkat bahasa memiliki kelebihan yaitu :

  • Bahasa Tingkat Tinggi : Lebih mudah dalam penulisan kode.
  • Bahasa Tingkat Rendah : Lebih cepat proses pengeksekusian kode.

Sejarah Singkat

Bahasa C++ pertama dikembangkan pada awal tahun 1970-an oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories. Bahasa ini dirancang dengan tujuan menggabungkan efisiensi dan keringkasan C dengan fitur pemrograman berorientasi objek SIMULA-67. Sejak pembentukannya, bahasa C telah berkembang pesat dan beberapa fitur baru telah ditambahkan sejak rilis awal tahun 1985. Bahasa ini juga berjanji untuk memberikan dukungan untuk beberapa mekanisme yang berguna lainnya seperti jenis parameter dan penanganan eksepsi dalam waktu dekat. ANSI (American National Standards
Institute) akhirnya mendirikan suatu komite (ANSI committee X3J11)  untuk membantu mengembangkan standar yang akurat dan dapat diandalkan. Dengan seiring berjalannya waktu bahasa C mulai berkembang pesat dan mendapat sebutan menjadi C++.

Kenapa C++

1. Sangat Komplek

Bahasa C++ merupakan bahasa tingkat rendah tapi cukup besar, dalam bahasa pemrograman ini, kita dituntut menangani banyak hal kompleks seperti manajemen memori dan banyak lagi hal-hal yang komplek lainnya, sehingga sangat berguna untuk media belajar mengenal algoritma pemrograman.

2. Skalabilitas

Skala adalah kekuatan C++ terbesar, karena mendukung fungsi yang komplek itu, membuat memudahkan pengembangan aplikasi yang sangat menghabiskan banyak sumber daya, contohnya grafis komputer seperti game 3D, tidak heran bahasa C memiliki sejarah yang panjang dalam pengembangan game.

3. Performa Tinggi

Bahasa C++ umumnya memiliki performa yang tinggi dan cepat dalam pengeksekusian kode karena setiap kode yang diketik akan diperiksa sebelum nantinya dieksekusi.

4. Kontrol

Seperti yang disebutkan sebelumnya Bahasa C++ merupakan bahasa yang sangat kompleks, banyak yang kita dapat kontrol sehingga berguna dalam pengelolaan sumber daya dalam pembuatan aplikasi, itu membuat aplikasi yang dibuat dengan Bahasa C++ dapat berjalan sangat optimal. Perusahaan sering menggunakan aplikasi yang dibuat dengan C++ untuk fungsi kode yang memiliki ketergantungan kritis pada kecepatan dan penggunaan sumber daya.


Contoh Script :




Sekian dari Bahasa Pemrograman C++ : Pengenalan, jika ada kata yang kurang tepat atau salah mungkin dapat dikomen di bawah, Terima Kasih :)


Baca Juga : Macam Tipe Data Pemrograman C++


  
Admin Semoga Informasi Yang Diberikan Melalui Web Ini Dapat Bermanfaat Bagi Saudara/i

No comments for "Bahasa Pemrograman C++ Pengenalan"