CARA SIMULASI MIKROKONTROLER ARDUINO MENGGUNAKAN ISIS PROTEUS


Pada kesempatan ini saya akan membahas Tutorial Simulasi Mikrokontroler Arduino Menggunakan ISIS Proteus. Program ISIS proteus  digunakan untuk mendesain dan Melakukan Simulasi Rangkaian Elektronika atau Rangkaian Mikrokontroler
Untuk yang Hobby Arduino dan Professional program ini bisa digunakan untuk mengembangkan rangkaian untuk mendesign sistem berbasis mikrokontroler bisa dengan simulasi dulu, tidak perlu lagi melakukan coba (Trial dan Error) pada hardware mikrokontroler yang sebenarnya.Bila simulasi telah berjalan dengan baik , sesuai keinginan.Maka kemungkinan besar hasil simulasi design program mikrokontroler akan sama dengan rangkaian hardware sebenarnya.

Dengan program ini di harapkan untuk teman-teman yang ingin belajar mikrokontroler Arduino tapi belum punya hardware bisa mencoba dulu dan menyimulasikan hasil output programnya.Program simulasi ini di harapkan teman-teman dapat menghemat waktu dan biaya dalam mendesign rangkaian dan program. Langsung aja kita mulai langkah-langkah simulasi menggunakan ISIS proteus.

1.DOWNLOAD DAN EXTRACT FILE  

Download Software ISIS Proteus, Bisa di download di sisni. Selanjutnya Extract Filenya.



2.MENJALANKAN PROGRAM
untuk menjalankan program ,buka folder BIN, pilih nama file ISIS, klik 2 kali untuk menjalankan program 

 
3.PENGENALAN LAYAR ISIS PROTEUS

Buka Software ISIS Proteus.Secara singkat untuk mengganti grid, klik view pilih grid Untuk  macam-macam tool ada di sebelah kiri, bisa di coba-coba :), untuk tulisan kali ini menekankan pada contoh simulasi mikrokontroler Arduino dengan LED.


4.MENAMBAHKAN KOMPONEN SIMULASI PADA ISIS PROTEUS

 Untuk menambahkan komponen relatif sederhana, Klik kanan mouse pilih Place >> Components >> From Libraries, pilih  From Libraries.
 Pertama tambahkan Mikrokontroler Arduino UNO R3 dan Komponen LED-RED dan Resistor untuk melakukan simulasi


    Tulis pada  keyword  Arduino , Pilih ARDUINO-UNO-R3, selanjutnya tekan tombol OK di sebelah kanan bawah untuk konfirmasi komponen yg akan kita pakai.
     Langkahnya sama persis dengan di atas, Tulis di keyword LED-RED dan Resistor.

    Komponen dan module yg akan kita pakai simulasi sudah kita tambahkan kelembar kerja, langkah selanjutnya kita koneksi komponen tersebut.

    5.MEMBUAT KONEKSI 
    • Koneksi LED ke pin  13 pada Arduino menggunakan Selection Mode (Arrow), di Tool sebelah kirih berbentuk panah.
    • Selanjutnya lakukan koneksi seperti gambar di bawah ini
    • untuk menambahkan GROUND klik pada Tool Terminal Mode ada di sebelah kiri  and select GROUND

    7.UPLOAD CODE DARI ARDUINO 

    Untuk Rangkaian yg akan kita simulasi sudah kita buat, selanjutnya kita masukan program led blink ke Arduino pada Software ISIS Proteus.Sebagai Berikut :
    • Double click pada ARDUINO UNO Board pada Workspace.
    • Akan tampil jendela Edit Component.
    •  Di Program File isi dengan lokasi program .hex yang akan kita simulasi. atau copy paste dari Software Arduino IDE, untuk langkah-langkahnya di Tutorial Mendapatkan Hex File dari Software Arduino IDE


      8.SIMULASI CONTOH LED BLINK
      Di pojok kiri sebelah bawah ada  Tombol Play, Stop, Pause .Dengan menekan Tombol Play proses simulasi di mulai

      No comments for "CARA SIMULASI MIKROKONTROLER ARDUINO MENGGUNAKAN ISIS PROTEUS"