Mengenal Perintah If...Else dan Switch...Case pada PHP

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang If...Else dan Switch...Case yang merupakan perintah control flow dari PHP, sebelum itu apa si itu Control Flow. Control Flow adalah sebuah instruksi agar program dapat memilih apa yang harus dikerjakan dengan kondisi tertentu. Control Flow sendiri dibagi menjadi 3 yaitu Percabangan (branching), Perulangan (looping), dan Perpindahan (jumping) namun yang akan kita bahas kali ini adalah Control Flow Branching (Percabangan) yaitu If...Else dan Switch...Case.

  • If...Else
If...Else sendiri sebenarnya memiliki 3 cara penulisan tergantung dari berapa kondisi dan berapa pilihan yang akan dikerjakan. Untuk yang pertama hanya menggunakan If, disini hanya terdapat satu kondisi dan hanya ada satu pilihan yang akan dikerjakan jika kondisi bernilai FALSE maka perintah akan dihentikan. Untuk lebih jelasnya kita lihat dahulu contoh program dibawah ini : 

<html>
<body>
<?php
$nilai = 80;

if($nilai > 75) {
echo "Anda Lulus";
}
?>
</body>
</html>

Berdasar contoh diatas maka output yang dihasilkan adalah Anda Lulus tapi apa yang terjadi jika nilai dari variabel nilai adalah 70, maka program akan selesai karena tidak memiliki pilihan ketika kondisi bernilai FALSE.


Yang kedua sesuai dengan sub judulnya yaitu If...Else, hampir sama seperti If hanya memiliki satu kondisi tetapi memiliki dua pilihan yang dapat dikerjakan, mari kita lihat contoh dibawah ini :

<html>
<body>
<?php
$nilai = 74;

if($nilai > 75) {
echo "Anda Lulus";
}else{
echo "Anda Gagal";
}
?>
</body>
</html>


Jika pada If apabila kondisi bernilai FALSE maka program akan berhenti tetapi disini program akan menjalankan pilihan keduanya. Dalam contoh diatas jika variabel nilai kurang dari sama dengan 75 maka akan menampilkan output Anda Gagal tetapi jika lebih dari 75 atau sesuai dengan kondisi maka akan menampilkan output Anda Lulus.

Yang terakhir adalah If...ElseIf...Else, disini kita dapat membuat pilihan yang sangat banyak dan memiliki banyak kondisi. Jadi jika kondisi pertama bernilai FALSE maka bisa diseleksi lagi dengan kondisi kedua. Lebih jelasnya lihat dibawah ini :

<html>
<body>
<?php
$nilai = 91;

if($nilai < 75) {
echo "Anda Gagal";
}elseif($nilai < 90){
echo "Anda Lulus";
}else{
echo "Anda Lulus dengan Baik";
}
?>
</body>
</html>


Contoh diatas jika nilai dibawah 75 maka akan menampilkan output Anda Gagal, jika nilai lebih besar sama dengan 75 dan lebih kecil dari 90 maka akan menampilkan output Anda Lulus dan jika nilai lebih besar sama dengan 90 maka akan menampilkan output Anda Lulus dengan Baik.

  • Switch...Case
Switch...Case fungsinya sama persis seperti If...Else tetapi perintah ini lebih mudah digunakan jika kita akan menggunakan kondisi dan pilihan yang banyak. Sehingga perintah ini paling cocok digunakan jika kita menggunakan banyak kondisi dan pilihan pada program kita. Langsung kita lihat saja contohnya : 

<html>
<body>
<?php
$nilai = 95;
switch ($nilai) {
case $nilai <= 70:
echo 'Anda Tidak Lulus';
break;
case $nilai <= 80:
echo 'Anda Lulus';
break;
case $nilai > 80:
echo 'Anda Lulus dengan Baik';
break;
default:
echo 'Error'; //perintah ini akan ditampilkan jika tidak sesuai dengan semua kondisi diatas
}
?>
</body>
</html>


Berdasar contoh diatas jika nilai kurang dari sama dengan 70 maka memunculkan teks Anda Tidak Lulus, jika nilai kurang dari sama dengan 80 maka akan memunculkan teks Anda Lulus, jika nilai nilai lebih dari 80 maka akan memunculkan teks Anda Lulus dengan Baik, dan jika nilai bukan berisi angka maka akan menampilkan Error. "break;" pada contoh diatas digunakan untuk mengakhiri program switch case sehingga tidak melakukan seleksi lagi.

Cukup sekian penjelasan tentang Control Flow Branching If...Else dan Switch...Case semoga kalian paham dengan penjelasan saya. Selamat mencoba dan sampai bertemu di artikel selanjutnya.
Admin Semoga Informasi Yang Diberikan Melalui Web Ini Dapat Bermanfaat Bagi Saudara/i

No comments for "Mengenal Perintah If...Else dan Switch...Case pada PHP"