TUTORIAL MENDAPATKAN HEX FILE DAN MENAMPILKAN BARIS PROGRAM PADA ARDUINO IDE


Pada kesempatan ini,saya akan membagikan tip dan trik untuk mendapatkan File Hex dan menampilkan baris program pada Arduino IDE
secara singkat IC mikrokontroler Arduino berjalan menggunakan bahasa mesin (file hex) , sedangkan yang kita menulis program menggunakan bahasa C Arduino, pada prosesnya Software Arduino IDE mengubah bahasa C ke bahasa mesin, saat kita klik  tombol verify. file .hex akan  terbentuk ,jika  program yg kita verify tidak error :). file .hex tersebut nantinya yg di upload Software Arduino IDE ke Mikrokontroler. File .hex dibutuhkan untuk melakukan simulasi program yg kita buat,misalnya dengan ISIS PROTEUS atau saat kita mau upload file .hex arduino menggunakan software lain, misalnya WINAVR atau CodeVision.
Untuk baris program pada software Arduino IDE ,sangat berguna ketika program yg sedang kita buat bermasalah, karena biasanya Arduino IDE menunjukan error di baris berapa. 

Untuk lebih jelasnya dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini :

    1. Buka Software Arduino IDE.

    2. Buka Program yang akan di ambil file Hex nya.

    3. Klik File >> Preferences 

     

    4. aktifkan show verbose mode for compilation dengan cheklist compilation untuk menampilkan tempat atau folder menyimpan Hex File dan  display line numbers untuk menampilkan baris program





    5. Compile Program yang akan di ambil .Hex file,bisa di lihat di gambar


    6. Kita sudah  mendapatkan FIle .Hex  yang ada di temporary Folder

    7. Copy dan Paste file .Hex di tempat lain, file tersebut bisa di pakai untuk simulasi atau upload file .hex ke IC menggunakan software lain. 

    PR nya ,gaambar kebesaran .nanti sy update :)

      No comments for "TUTORIAL MENDAPATKAN HEX FILE DAN MENAMPILKAN BARIS PROGRAM PADA ARDUINO IDE"