4 Layanan Email Terbaik Alternatif Gmail 2017

email 2017

4 Layanan Email Terbaik Alternatif Gmail 2017 - pada kesempatan kali saya akan membagikan email alternatif selain Google Mail (Gmail). Email sendiri sering disebut surat elektronik yang digunakan bertukar pesan secara digital melalui perangkat elektronik seperti komputer, handphone, dan lain-lainnya.


Sedikit Sejarah Email

Email berawal dari komputer timesharing yang dikeluar pada tahun 1960 dimana dapat menjalankan lebih dari satu program sekaligus, dengan ada teknologi tersebut membuka peluang untuk mengembangkan aplikasi email ini,  sehingga pada masa itu banyak organisasi yang mengembangkan program yang bisa menukar pesan dan bahkan obrolan secara realtime, tapi sistem yang dibuat masih terbatas untuk digunakan oleh kelompok orang yang menggunakan satu komputer. dari sinilah terbentuk beberapa tim kecil yang mengembangkan aplikasi email kecil di jaringan local yang mereka buat dan berlanjut sampai email menjadi populer saat jaringan internet mulai dapat dimiliki setiap orang.


4 Layanan Email Alternatif Gmail

Disini saya memiliki lima kriteria dalam menilai keunggulan email yaitu Penyimpanan, Fitur, Antarmuka, Support, Keamanan. dari lima kriteria tersebut dapat simpulkan keunggulan masing-masing layanan email, berikut layanan email alternatif Gmail :



Layanan email ini sudah tidak asing lagi bagi yang sistem operasi komputer atau smartphone windows 10 pasti akan mempunyai email yang satu ini. Outlook adalah layanan email yang dikembangkan oleh Microsoft, Outlook merupakan penyempurnaan dari Hotmail dan Live yaitu layanan email terdahulu Microsoft, sehingga bagi kalian yang mempunyai akun hotmail dan live akan langsung dialihkan ke akun outlook.

outlook mail

Kelebihan
Penyimpanan : layanan email ini menawarkan kebebasan ruang penyimpanan yang tak terbatas jika dibandingkan dengan Gmail hanya menawarkan 15GB saja untuk akun gratis. Fitur : Kelebihan lainnya adalah integrasi media sosial ,dan produk keluaran Microsoft seperti sistem operasi Windows 10,Office,dll. Antarmuka : Dari sisi tampilan outlook sekarang sudah didesain dinamis dan diperbarui oleh fitur-fitur yang menarik dibanding layanan email Microsoft terdahulu. Support : Outlook bukan cuma Web Base saja tapi juga multi-platform yang dapat berjalan di sistem operasi Windows, Android, iOS. Keamanan : sudah jelas bahwa Outlook memiliki keamanan yang baik mengingat Microsoft adalah perusahan yang memiliki pengaruh besar dalam dunia IT, keamanan yang dimiliki outlook salah satunya two-step verification, two-factor authentication (2FA), dll.



Zoho Mail adalah layanan email untuk bisnis, yang menawarkan berbagai fitur yang ditunjukan untuk pengguna perusahaan daripada pengguna email pribadi, sebagian besar layanan email yang ditawarkan zoho berbayar, tapi jangan salah zoho juga menawarkan layanan email gartis untuk pribadi, karena zoho menfokuskan ke layanan email bisnis sehingga email pribadi tidak terlalu dipromosikan oleh zoho yang menjadi banyak orang yang tidak tahu dan mengangap layanan email zoho itu untuk bisnis, tapi sekarang sudah mulai sedikit demi sedikit zoho memperbarui layanannya sehingga email bisnis dapat digunakan gratis juga, walaupun fiturnya masih terbatas.

zoho mail

Kelebihan 
Penyimpanan : untuk penyimpanan email zoho tergolong tidak besar hanya menawarkan sebesar 5GB untuk layanan gratis. Fitur : layanan email ini memiliki banyak fitur layaknya Gmail dan Outlook yang mengintergrasikan layanan email ke berbagai layanan sama halnya dengan zoho juga memiliki banyak layanan seperti office,dll. Dan juga gratis layanan email domain sendiri yang tidak ada di Gmail dan Outlook. Antarmuka : tampilan layanan email ini intuitif dan sederhana seperti layaknya tampilan Gmail. Support : seperti halnya dengan Outlook, zoho juga multi-platform yaitu sistem operasi Android dan iOS. Keamanan : zoho memiliki keamanan yang terbukti bagus dengan hadirnya two-factor authentication (2FA), dll.



Yandex Mail adalah layanan email yang dikeluarkan oleh yandex. Yandex sendiri merupakan perusahan teknologi asal Rusia yang membuat produk dan layanan cerdas yang didukung oleh Machine Learning, seperti Google perusahan ini memiliki search engine-nya sendiri yang menempati peringkat ke-empat terbesar di dunia. Yandex Mail adalah layanan email yang digunakan untuk peggunaan biasa atau personal yang tidak menfokuskan layanannya secara khusus pada pengguna sehingga berbeda dengan zoho mail.

yandex mail

Kelebihan
Peyimpanan : penyimpanan di yandex mail ini termasuk standar tidak besar dan juga tidak kecil yaitu 10GB, jika ingin menambah penyimpanan dapat kita dapat membeli penyimpanan dengan harga mulai dari 1$ untuk 10GB dan 10$ untuk 1TB lumayan murah bukan. Fitur : layanan email yandex juga juga lengkap terintegrasi dengan berbagai layanan sama seperti zoho yang mempunyai layanan email domain gratis, tapi layanan office masih tergantung pada layanan luar contohnya membuat file docs yang masih tergantung pada layanan online microsoft office beda dengan google dan zoho yang mempunyai layanan office suite-nya sendiri. Antarmuka : layanan email ini memiliki tampilan familiar dengan gmail yang sangat sederhana tapi terlihat baik dan penempatan fungsi yang sangat memudahkan dalam penggunaan dan tersedia juga tema yang dapat dipilih. Support : seperti yang di perlihatkan pada saat mendaftar layanan email ini bukan web base saja, tapi juga support pada platform mobile Android dan iOS. Keamanan : yandex mail memiliki keamanan yang memang harus dimiliki setiap layanan email masa kini, yaitu two-factor authentication (2FA) dan lumayan baik dalam mendeteksi spam, phishing dan malware yang masuk.




Proton Mail didirikan oleh peneliti dari CERN dan memiliki server yang berada di Switzerland (Swiss), layanan email ini memiliki kekuatan keamanan yang tinggi, karena layanan Proton Mail menggunakan sistem E2EE (End to end Encrypted Email), sama seperti yang digunakan WA(Whatsapp) dan Telegram yang akhir-akhir ini lagi mau diblokir oleh Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika). dengan adanya E2EE sistem ini membuat kita menggunakan email sangat aman dan anonim sehingga tidak ada yang dapat melakukan pengintaian terhadap email kita.

proton mail

Kelebihan
Peyimpanan : Proton Mail memiliki penyimpanan sebesar 500 MB yang terbilang kecil dan versi berbayar 20 GB. Fitur : Proton Mail tidak memiliki banyak fitur seperti layanan email pada umumnya, karena menyasar ke layanan email yang digunakan untuk keperluan penting, ketimbang keperluan penggunaan biasa. Antarmuka : memiliki tampilan yang simple dan elegan, tanpa kustomisasi, dan lebih dioptimalkan ke penggunaan fungsi membuat Proton Mail lebih mudah digunakan. Support : Proton Mail tersedia di web base dan perangkat mobile Android dan iOS. Keamanan : Proton Mail memiliki keamanan dengan sistem yang menggunakan E2EE dan ditambah lagi dengan two-factor authentication (2FA), sehingga membuatnya menjadi sangat aman.



Sekian dari 4 Layanan Email Terbaik Alternatif Gmail 2017,
Terimakasih :)


Admin Semoga Informasi Yang Diberikan Melalui Web Ini Dapat Bermanfaat Bagi Saudara/i

No comments for "4 Layanan Email Terbaik Alternatif Gmail 2017 "