Tips Membeli Laptop Gaming Murah Dan Berkualitas Minim Dota


Tips, membeli laptop gaming murah dan berkualitas adalah salah satu impian para gamers!. Budget merupakan masalah utama yang paling sering di hadapi. Tak hanya itu juga, beberapa kalangan juga memiliki alasan lain seperti
  1. Laptopku sekarang patah patah (lag) , saya ingin ganti atau upgrade yang lebih bagus lagi
  2. Gambarnya tidak terlalu bagus
  3. Dan masih banyak lagi

Permasalahan seperti ini wajar, memang saat pertama kita membeli sebuah konsol komputer atau Laptop terlihat game yang dijalankan sangat lancar, namun lambat laun menjadi lambat. Ada beberapa penyebab diantaranya, kasus komponen komputernya sudah melemah dan yang kedua dari sisi gamenya sudah mengalami beberapa update sehingga membutuhkan spesifikasi yang tinggi dari pada sebelumnya.


Tips Membeli Laptop Gaming Murah Dan Berkualitas Minim Bisa Dota (Tanpa Lag)


Sebelum membeli laptop model gaming, pastikan terlebih dahulu game apa yang anda ingin mainkan. Contoh Dota 2 memiliki system requirement minimal berikut :


CPU: Intel Core 2 Q6600 2.4GHz / AMD Phenom 9850 2.5GHz.
GPU: NVIDIA GeForce GT 9800 / AMD Radeon HD 4870.
RAM: 4 GB.

Bagi pemula pasti sangat kesusahan untuk mengenali makna tersebut, setidaknya untuk pemula berkonsul dahulu dengan yang ahli komputer. Nah bagaimana dengan mengetahui system requirement game lain?? tentu sangat mudah, tinggal ketikan di google “system requirement (nama gamenya)” akan muncul seperti diatas.


Setelah mengetahui sistem persayaratan minimal, setidaknya anda harus membeli laptop dengan CPU atau proses diatasnya inter core 2 dan spesifikasi VGA sama dengan kelas GeForce GT 9800 atau diatasnya. Mudah bukan?

Ini 3 Tips Penting Membeli Laptop Gaming Murah

Berikut ini ada 3 hal penting yang anda harus pilih sebelum memutuskan laptop yang ingin dibelinya :
1. Proses AMD Atau Intel??


Yups, kedua pabrik besar ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Berikut ini ciri ciri yang paling utama dari kedua proses tersebut :

- Prosesor AMD : Kelebihan dalam membaca data dan menjalankan program sangat cepat, namun disisi kelemahannya adalah prosesor cepat panas

- Prosesor Intel : Kelebihan tahan panas dan rata rata dingin, namun untuk kecepatannya sedang sedang saja.



Performa prosesor memang harus diperhatikan, namun anda juga harus memperhatikan keawetan juga. bila memilih sebuah proses AMD setidaknya anda harus setiap 3 bulan sekali membersihkan debu, melihat kondisi fan dan menambah fan (kipas) dari luar laptop.


Sedangkan memilih prosesor intel, pilihlah spesifikasi yang tinggi, dengan begitu perfoma laptop anda lebih bagus dan awetnya tahan lama. Itulah tips memilih prosesor, lantas bagaimana rekomendasi dari blog ini??


Kalau saya sarankan minimal beli laptop yang memiliki spesifikasi intel Core i5, selain bisa digunakan untuk gaming dota yang sangat lancar, juga dapat digunakan untuk game game online lain yang spesifikasi tinggi. Untuk game sekelas dota saja bisa pakai Intel Core i3. Untuk proses yang AMD disarankan A10 atau Fx Series

2. VGA Grafik


Vga merupakan salah satu komponen penting nomor 2 untuk laptop gaming. VGA sangat pengaruh besar untuk kelancaran menampilkan rate gambar, bila prosesor bagus namun VGA sangat minimum hasilnya juga akan tetap “lag” atau patah patah. Bila diibaratkan Prosesor seperti mesin mobil dan VGA adalah rodanya. Bila roda yang anda pasang seperti roda sepeda, maka mobil pun bisa berjalan namun tidak akan maksimal.


Untuk memilih VGA AMD atau Intel, kedua pabrik tersebut memiliki kelebihan sama seperti prosesor. Untuk intel pilih minimal Nvidia Seri GTX series contoh GTX980, GT840 sedangkan AMD bisa pakai sekelas R Series (R7 230 dll), untuk survey survey, silahkan akses ke situs besar tokopedia atau bukalapak karena disana akan disediakan berbagai harga dan jenis laptop yang mungkin bisa dijadikan rekomendasi untuk anda.


3. Jangan Terpicu RAM Kecil Karena Bisa Di Upgrade



RAM merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang kelancaran bermain game, semakin besar semakin pula game yang dimainkannya lancar. Bila diibaratkan memory RAM adalah sebuah gear mesin, semakin gear itu dapat dinaikan ke level tinggi maka semakin pula kecepatan yang dapat dijalankan oleh mobil tersebut.

Nah bila anda ingin membeli sebuah laptop, jangan melihat RAMnya, karena setiap pembelian awal rata rata sangat kecil yaitu 2GB, 4GB namun hal itu sangat wajar karena kita bisa menambahkan memory tambahan. Yang penting, minimal perhatikan 2 komponen penting yaitu prosesor dan VGA sudah cukup.


Lantas Bagaimana Dengan Hardisk Dan Lainnya??

Hardisk dan lain lain, tidak akan berpengaruh dengan kecepatan bermain game. Meskipun spacenya kecil, kita bisa mengganti hardisk lain. sedangkan point 1 dan 2 (VGA dan prosesor) kita tidak bisa mengganti atau menguprage lebih besar karena laptop sudah dibandrol seperti itu berbeda dengan PC (Personal Komputer).






Keimpulan :
Nah itulah tips penting dalam membeli sebuah laptop gaming yang murah, perhatikan selalu dua komponen diatas yaitu prosesor dan VGA. Semoga bermanfaat ya ilmunya terima kasih by  incaralaptop




Sumber gambar :