14 penyebab Trafik Blog Yang Turun Drastis

trafik blog turun drastis
Trafik Blog Turun Drastis juga  menyebabkan penghasilan google adsense juga ikut menurun bagi blog yang menginterasikan ke akun google adsense. Ada banyak penyebab turunnya trafik blog sobat. Contoh pada blog saya semua trafik perhari 5 ribuan namun lama-kelamaan trifik turun menjadi 3 ribuan, 2 ribuan hingga 5 ratusan. Sebagai pemblogger pasti kesal dan putus asa apabila trafik blog yang semula meningkat tetapi selang beberapa bulan trafiknya menjadi turun drastis.

Akibat menurunya trafik blog yang sangat drastias maka membuat enggan pemblogger untuk memuat atau mengupdet artikel baru hal ini memang karena sudah putus asa. Sebagai pemblogger sejati tak seharusnya kita putus asa, kita mencari penyebab dan cara mengatasi masalah trafik blog yang sangat turun drastis.

Memang mengoptimasi blog agar menjadi blog memiliki trafik yang tinggi bukan hal yang mudah karena membutuhkan pengetahuan, kerja keras dan kesabaran. Saya sendiri pernah mengalamai hal yang sama yang mana trafik blog turun sangat dibawah perkiraan saya karena dalam sehari hanya 500 page vie.

Sebagai pemblogger perlu mengetahui penyebab turunya trafik blog agar menjadi pedoman dalam blogger sehingga bisa diantisipasi lebih awal yang pada akhirnya trafik blog tetap stabil dari hari-ke hari. Pada saat ini portal Blogger OPS menguraikan penyebab turunnya trafik blog anda


Penyebab Trafik Blog Turun Drastis


Ada 13 hal yang menyebabkan trafik blog menjadi turun sangat drastis sehingga bisa menjadi antisipasi bagi pemblogger yaitu:

1. Mengalami Penalty Google

Bisa jadi turunnya trafik blog karena blog tersebut terkenal penalty dari google sehingga blog tersebut di ceklis di hilangkan dari mesin pencari google. Ketika blog sudah muncul di google search maka pasti user tidak akan menemukan blog sehingga blog tidak memiliki trafik. Trafik itu adalah pengunjung blog. Ketika blog nihil dengan pengunjung maka trafik nihil. 

Baca : Penyebab Blog Dibanned Oleh Google

Dampak google penalty ini membuat trafik blog menjadi turun drastis. Terkenanya hukuman dari google dikarenakan pelanggaran-pelanggaran  

2. Ada yang Copas Artikel Blog

Tindakan copy paste konten dari blog lain adalah tindakan yang merugikan pemiliki blog sehingga berdampak duplikat konten. Google tidak menyukai yang namanya duplikat konten sehingga google akan memilik salah satu konten untuk menempati urutan atas tentu saja google akan menyaring dan memilih artikel dari blog asal, tetapi blog asal sudah mengalami dublikat konten.

Untuk menghindari trafik blog turun drastsi maka hindari tindakan yang merugikan orang lain dan melanggar kebijakan dari google karena suatu saat google akan memberikan hukuman kepada blog yang mengandung konten copy paste

3. Trafik Blog Yang Mengandung Artikel Copy Paste Akan Lenyap.

Ada banyak blog yang trafiknya tinggi tetapi hampir atau bahkan semua artikelnya adalah hasil copy paste. Blog yang konten copy paste memang ada trafik, bahkan trafiknya tinggi tetapi suatu hari trafiknya akan hilang hingga terkena sanksi dari google. Trafik Blog copy paste dipastikan tidak akan abadi karena suatu saat google akan menyaring konten asli dan konten palsu. Maka hindari tindakan copy paste agar trafik blog jangan turun drastis.

4. Pengatian Tema/Templete Blog Mempengaruhi Trafik Blog

Sering kali melakukan pergantian tema atau templete menyebabkan trafik blog menjadi turun drastis karena membutuhkan waktu lagi google both untuk merayapi templete baru. Oleh karena itu agar trafik blog tetap stabil jika melakukan pergantian templete maka jangan lupa kode verifikasi google webmaster, bing dan kode-kode penting lainya di simpan dulu baru ganti templete.

Baca : Cara Mengganti Templete Blog

Jika sobat selesai mengganti templete yang baru maka sering-seringlah mengupdeth artikel baru agar cepat diindeks oleg google. Templete yang digunakan mestinya harus templete yang rama terhadap perangkat mobile artinya templete yang mobile friendly. 

Dalam konteks templete yang digunakan maka pilihlah templete yang responsiv dan mobile friendly, karena templete blog berhubungan  dengan kenyamanan pengguna hal uni untuk menghindari trafik blog yang rendah

5. Backlink Berkurang Mempengaruhi Trafik Blog Turun Drastis.

Jumlah Backlink bisa kita cek dalam akun google webmaster - Link Your Site. Dalam Link Your Site akan menampilkan jumlah link yang terdapat dalam blog. Berkurangnya jumlah link disebabkan karena backlink yang dibangun ke blog-blog lain dianggap spam atau dihapus oleh pemiliki blog tempat anda membangun backlink melalui berkomentar.

Maka untuk menghindari agar komentar anda jangan dianggap spam dan dihapus oleh pemilik blog maka sebaiknya berkomentar dengan dengan santu dan komentar sesuai dengan topik konten yang anda baca. Upayakan juga jangan memburu backlink dalam waktu yang singkat, lakukanlah secara wajar.

6 Sudah Jarang Updet Artikel Baru

Jarang, bahkan tidak pernal lagi memuat artikel  maka menimbulkan trafik blog menjadi turun drastis. Misalnya awal-awal setiap hari selalu mengupdet artikel minimal 1 artikel dalam sehari, kemudian sudah mulai malas hingga seminggu sekali lalu kemudian sebulan sekali pada akhirnya beberapa bulan sekali.

Hal ini menyebabkan trafik atau pengunjung blog turunk anjlok. Perlu diperhatikan jika blog sudah populer pengguna langsung menuju ke blog sobat untuk mencari informasi baru, namun ternyata tidak ada informasi baru. Akibat tidak pernah ada informasi yang terbaru maka pengunjug mulai mencari topik yang dicari dengan mengunjungi blog-blog lain

7. Banyak Komentar Di Blog Anda Yang Tidak Sesuai Denga Topik Yang Komentari

Membiarkan spam bertebaran di blog sobat menyebabkan penurun trafik blog. Misalnya Topik yang dibahasa Belajar Membuat Blog Kemudian ada komentar yang bersifat spammer seperti komentar penjualan barang dan produk lainnya.

Mereka berkomentar untuk mendapatkan backlink dari blog sobat tetapi sobat menyetujui komentar atau membiarkan komentarnya, nah ini google akan menurunkan kualitas blog anda karena ada banyak komnetar yang tidak setopik. Reputasi blog yang buruk menyebabkan trafik blog turun drastis.

Untuk mencegah trafik blog agar jangan turun sangat drastis maka perhatikan komentar blog jika komentar tidak sesuai jangan dipulish atau jangan dibiarkan langsung saja dihapus 

8. Kalah Saing Dengan Blog Lain Menyebabkan Trafik Menjadi Kurang

Tidak dapat dipungkiri kalah bersaing dengan blog lain menyebabkan penurunan pengunjung. Pengunjung hanya membuka blog yang tampil halaman pertama. Setelah mereka membaca di blog tersebut maka mereka akan keluar dan jarang membuka blog lain untuk membaca topik yang sama denga blog yang sudah dibaca.

Untuk meningkat persaingan dan tidak kalah saing maka dilakukan berbagai optimasi yaitu seo on page dan seo off page. Tetapi harus diperhatikan optimasi yang berlebihan menimbulkan sanksi dari google. Jadi upayakan optimasi seo yang sewajarnya saja.

9. Adanya Perubahan Algoritma Menyebabkan kehilangan Trafik.

Google selalu merubah peruturan untuk dipatuhi oleh pemilik blog website. Tujuan perubahan alogoritma adalah untuk mengatasi tindakan-tindakan yang melanggar kebijakan google yang dianggap tidak lagi sesuai dengan kebijakan dari google. Saat algoritma diupdet maka blog yang dulu trafiknya sangat tinggi tetapi sekarang turun drastis. Blog yang rentan terhadap perubahan algoritma pada umunya blog copy paste, optimasi berlebihan, blog dangkal dan lain-lain.

10. Membangun Backlink Yang Jumlah Banyak Rentan Dengan Penurunan Trafik

Memburu backlink dalam waktu yang sangat singkat sangat rentan denga kehilangan trafik atau pengunjung blog. Google telah menceklis blog tersebut karena sudah melanggar kebijakannya. membangun backlink dengan tidak wajar jangan harap dapat muncul di halaman pertama google search. Jadi bangunlah backlink yang wajar jangan terlalu banyak. Baca Strategi Mendapatkan Backlink dofollow berkualitas

11. Adanya Penurunan Trafik Secara Nasional

Turunya trafik nasional bukanlah kekeliruan pemilik blog atau karena faktor blog tetapi penurun ini terjadi secara menyeluruh untuk semua blog tanpa terkecuali. Misalnya hari minggu pada umumnya hari-hari minggu banyak yang menggunakan waktu untuk rekreasi atau ada yang ke gereja dan lai sebagainya. Pada hari minggu adalah hari untuk lebih banyak istirahat.

Misalnya hari puasa (ramadhan) dan idulfitri trafik blog menjadi turun drastis dikarenakan banyak orang bahkan jutaan orang yang melakukan mudik dan silahturahmi. Pada hari-hari tersebut jarang orang membuka PC atau sedang belajar sesuatu.

12. Blog Loadingnya Lambat.

Templete yang loadingnya lambat membuat blog menjadi trafik menurun dikarenakan visitor cepat keluar karena mereka tidak mau menunggu lama untuk membuka sebuah halaman blog. Oleh karena itu gunakan templete yang ringan dan ramah dengan perangkat mobile.

13. Terlalu banyak Iklan.

Iklan yang dipasang berlebihan di blog akan mengganggu pemglihatan mata pengunjung sehingga mereka cepat keluar dari halaman blog anda. Apalagi jika pengunjung blog adalah orang yang memang sudah usia lanjut dan sedikit tidak sudah mengalami rabun. Jadi upayakan pemasangan iklan yang sejawarnya saja

14.Pengulangan Keyword yang berlebihan.

Pengulangan Kata dalam artikel yang berlebihan dengan maksud untuk tampil di halaman mesin pencari berdampak terjadinya kehilangan trafik yang sangat rendah.

Kesimulan

Itulah penyebab-penyebab sehingga tarfik blog turun drastis. Setelah kita memahami penyebab turunnya trafik blog maka kita harus mengatasi masalah trafik yang turun sehingga trafik blog tetap stabil. Untuk mengatsi trafik blog yang turun drastis dapat kita terapkan dengan cara memperbaiki dan menerapkan dari 14 penyebab diatas maka trafik blog akan kembali stabil.

Demiki 13 penyebab Trafik Blog Turun Drastis  semoga bermanfaat

Admin Semoga Informasi Yang Diberikan Melalui Web Ini Dapat Bermanfaat Bagi Saudara/i

No comments for "14 penyebab Trafik Blog Yang Turun Drastis "