Cara Mengatasi Agar Jangan Klik Iklan Sendiri Pada Google Adsense

Blogger OPS membagikan trik dan cara mengatasi agar jangan melakukan klik iklan sendiri,- Invalid click atau klik iklan sendiri adalah pelanggaran dalam dunia periklanan di internet karena dianggap telah melakukan manipulasi klik sehingga dapat merugikan pihak advister (pemberi iklan). Invalid click bukan saja dilarang oleh google tetapi semua situs periklanan memang tidak menghendaki perbuatan ini apalagi jika menjadi pemain di google adsense akan langsung di beriperingatan.

Menjadi mitra google adsense memang memang harus hati-hati agar kemitaraan anda dengan google adsense dapat berlangsung yang lama. Jika tidak pasti mendapatkan konsekuensi dari google.

Apa akibat jika terjadi invalid klik atau klik palsu?


Saya dapat mengatakan bahwa melakukan klik iklan sendiri akun google adsense akan langsung dinonaktifkan atau dibanned. Klik iklan sendiri memang ada 2 unsur yaitu versi kesengajaan maupun tidak sengaja. Unsur kesengajaan misalnya ingin mendapatkan penghasilan yang melimpah maka dilakukan klik iklan sendiri, atau menggunakan PC atau leptop lain untuk menghindari terdeteksi IP Addres yang sama  kemudian melakukan klik sendiri atau menyuruh orang lain hal ini adalah unsur kesengajaan.

Lalu apakah klik iklan sendiri akan terkena sanksi dari google ? saya pastikan sengaja atau tidak sengaja akan mendapatkan sanksi berupa penonaktifan akun google adsense. Klik iklan sendiri tanpa ada unsur kesengajaan masih bisa kita minta pertimbangan dari google. Perbuatan klik iklan sendiri yang tidak sengaja contohnya ketika kita melakukan scroll ke bawah situs secara tidak sengaja mause secara tidak sengaja terjadi klik kiri pada banner iklan maka terjadilah invalid klik. 

Yang harus diperhatikan bila terjadi kasus seperti ini kita harus lebih melaporkan kepada google bahwa terjadi klik yang secara tidak sengaja dilakukan. Kita harus cepat-cepat melapor agar google dapat mentoleransi kasus ini.

Baca : Hindari 8 Tindakan Penyebab Google Adsense Di banned

Lantas apa dampaknya bila kita tidak segera melapo ke google? Saya dapat memastikan bahwa apabila tidak segera melaporkan ke google maka tim google akan menilai perbuatan invalid klik adalah faktor kesengajaan klik iklan sendiri adsense sehingga akun akan langsung dibanned karena klik iklan sendiri adsense adalah kecurangan.


Solusi Jika Terjadi Klik Iklan Sendiri Secara Tidak Sengaja


Perbuatan invalid klick secara sengaja atau tidak sengaja adalah pelanggaran namun kalau tidak sengaja masih bisa kita minta pertimbangan dari google agar adsense kita dibanned. Namun klik iklan adsense yang tidak sengaja kita lakukan kita segera melaporkan ke pihak google melalui formalir khusus yang disiapkan oleh google. Hal ini adalah upaya agar tidak terjadi hal-hal yang kita inginkan yaitu penonaktifan akun.

Berikut langkah-langkah yang dapat kita lakukan bila terjadi click froud, invalid klick :

  1. Buka formulir pengaduan yang disiapkan oleh google adalah adsense https://support.google.com/adsense/contact/invalid_clicks_contact
  2. Masukan nama yang sesuai di akun google adsense.
  3. Masukan id penayang google adsense
  4. Masukan halaman url blog yang tempat terjadinya klik iklan sendiri/ halaman konten yang mengalami klik iklan sendiri yang tidak sengaja (bukan halaman homepage).
  5. Topik pilih " Melaporkan aktivitas yang tidak biasa pada akun saya
  6. Tanggal terjadinya invalid klick. Format penulisan tanggal seperti 15/05/2018.
  7. Tulis kronologi klik iklan sendiri yang tidak sengaja dilakukan ( mengapa bisa terjadi klik iklan sendiri) sampaikan bahwa perbuatkan invalid klik atau klik iklan sendiri bukan sengaja dilakukan. Mintalah pengasihan dari google bahwa kedepannya akan mengulangi lagi dan dilakukan dengan hati-hati.
  8. Masukan alamat IP PC atau leptop yang digunakan, alamat provider, alamat dan jenis alat seluler yang digunakan pada saat sambung ke internet ke leptop
  9. Jika sudah selesai klik submit.
Kurang lebih formulir kontak seperti gambar dibawah ini
Cara Mengatasi Agar Jangan Klik Iklan Sendiri Pada Google Adsense
Menunggu respon dari pihak google adsense, anda akan mendapatkan respon minimal 1 x 24 jam setelah pengaduan.

Cara mencegah Terjadinya Klik Iklan Sendiri


Sebagai penayang iklan google adsense yang budiman kecurangan-kecurangan terhadao google adsense harus buang jauh-jauh agar terus menjadi penayang iklan sampai tutup mata. Google sangat pintar mendeteksi kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh mitranya sehingga hak-hak mereka sebagai mitra akan dicabut oleh adsense. Namun sebagai manusia yang memilki kelemahan pasti akan terjadi perbuatan yang tidak terkontrol sehingga mungkin terjadi perbuatan klik iklan sendiri yang tidak sengaja dilakukan. 

Untuk itu untuk menghindari klik iklan sendiri maka dapat kita atasi dengan cara memasang plugin yang disediakan oleh google untuk mencegah klik iklan sendiri pada google adsense.

Bagi pengguna google chrome dapat menggunakan plugin google publisher toolbar. Sedangkan untuk pengguna dapat menggunakan AdBlockPlush. Tapi saya menggunakan peramban web google chrome maka saya menggunakan plugin Google Publisher Toolbar

  • Untuk menggunakan Google Publisher Toolbar  kunjungi chrome.google.com/webstore/detail/google-publisher-toolbar
  • Kemudian instal/tambahkan/get more extension. Secara otomati plugin tersebut akan masuk ke dalam ekstension 
  • Selesai instal google publisher toolbar masukan alamat situs anda
  • refres google chomer anda
  • Setelah terpasang akan seperti gambar dibawah ini
Google Publisher Toolbar adalah plugin yang disiapkan oleh google untuk mencegar terjadinya klik iklan sendiri pada google adsense yang mendung lapisan sehingga ketika di sorot menuju iklan di situs anda maka krusor akan di block. 

Demikian cara mengatasi dan mencegah terjadinya klik iklan sendiri atau invalid klick semoga totorial ini dapat membantu rekan-rekan blogger penayang iklan google adsense.
Admin Semoga Informasi Yang Diberikan Melalui Web Ini Dapat Bermanfaat Bagi Saudara/i

No comments for "Cara Mengatasi Agar Jangan Klik Iklan Sendiri Pada Google Adsense"