Pengertian JAVA-Belajar Pemrograman JAVA Pemula

Pintar coding : Apa itu JAVA ??|Jicoding

OKEE....!! berjumpa lagi dengan saya tentunya dengan artikel artikel yang berkaitan dengan pemrograman java. Kali ini saya akan menjelaskan Terkait tentang Apa itu JAVA. Bagi kalian yang baru mulai pemrograman java pastinya masih bertanya tanya kan dengan pengertian java itu sendiri.. Nahhh.. Kalian sangat tepat mampir di blog ini karna saya akan menjelaskannya Pada kesempatan kali ini..
Java merupakan bahasa pemrograman yang dapat membuat semua bentuk aplikasi, desktop, web, mobile dan lain-lain, sebagaimana dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman yang lainnya.

 A.Sejarah Java
  Java resmi rilis pada tahun 1995, dan sebelumnya mengalami banyak perubahan sampai menjadi bahasa pemrograman yang utuh. Pada awalnya bahasa pemrograman yang dibuat tersebut diberi nama “OAK“ nama “OAK” ini diambil karena terdapat sebuah pohon oak diluar jendela kerjanya James Gosling, tapi kemudian diubah menjadi “Java” pada tahun 1995 karena nama “OAK” telah dijadikan hak cipta dan digunakan pada sebuah produk software juga. Oak diganti menjadi java karena pada saat mengerjakan projek ini James Gosling suka sekal meminum kopi, yang mana diketahui kopi tersebut adalah kopi tubruk yang berasal dari “JAWA” atau lebih dikenal oleh orang sana dengan “JAVA”.

B. Karakteristik Java

  1. Berorientasi kepada Object.
  2. Robust
  3. Protable
  4. Multithreding
  5. Dinamis
  6. Sederhana
  7. Terdistribusi
  8. Aman
  9. Netral secara arsitektur
  10. Interpreted, aplikasi java bisa dieksekusi pada platform yang berbeda-beda karena melakukan interpretasi pada  bytecode
  11. Berkinerja tinggi, byte kode Java telah teroptimasi dengan baik sehingga eksekusi program dapat dilakukan dengan cepa
C. Platform Java

  • J2SE
J2SE (Java 2 Standard Edition) ini digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi-aplikasi Java pada level PC (Personal Computer) atau aplikasi desktop yang merupakan object oriented.

  • J2ME
J2ME (Java 2 Micro Edition) digunakan untuk pengembangan aplikasi untuk perangkat yang lebih kecil, lebih kecil dalam artian seperti pada handphone, pager, dll.

  • J2EE
J2EE (Java 2 Enterprise Edition) yang mendukung pengembangan dari rutin standar untuk aplikasi klien maupun server, termasuk aplikasi yang berjalan di web browser. J2EE juga digunakan untuk membuat aplikasi tingkat enterprise.

D. Istilah Umum pada Java

  • JRE
JRE (Java Runtime Environment) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dibangun menggunakan java. Versi JRE harus sama atau lebih tinggi dengan JDK yang dugunakan untuk membangun aplikasi java.

  • JDK
JDK (Java Development Kit) adalah Perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses kompilasi dari kode java ke bytecode yang dapat dimengerti dan dapat dijalankan oleh JRE (Java Runtime Envirotment).

  • JVM
JVM (Java Virtual Machine) berfungsi untuk mengubah bahasa program yang kawan buat menjadi bahasa mesin

  • IDE  
IDE (Integrated Development Environment) adalah aplikasi pengembang perangkat untuk membangun sebuah perangkat lunak sperti code editor, debugger, compiler, dan sebagainya.

E. Teknologi Java

  • Database
  • Development Tools
  • J2EE Aplication Server
  • Java Programming
  • Web Application Framework

F. Contoh Program Java
class HelloWorld{
public static void main (String [] args){
System.out.println(“==Hello World==”);
}
}


G. Kelebihan Java

  • Multiplatform
Kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di platform manamun / sistem operasi komputer, sesuai dengan slogannya “tulis sekali, jalankan di mana saja”. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.

  • OOP(Object Oriented Programming – Pemrogram Berorientasi Objek)
OOP tersebut berarti bahwa semua aspek yang terdapat di Java adalah Objek. Java merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis objek secara murni. Semua tipe data diturunkan dari kelas dasar yang disebut Object. Hal ini sangat memudahkan pemrogram untuk mendesain, membuat, mengembangkan dan mengalokasi kesalahan sebuah program dengan basis Java secara cepat, tepat, mudah dan terorganisir.

  • Perpustakaan Kelas Yang Lengkap
Java terkenal dengan kelengkapan perpustakaan (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh para pemrogram untuk membangun aplikasinya

H.Kekurangan Java

  • Tulis sekali, jalankan di mana saja
Masih ada beberapa hal yang tidak kompatibel antara platform satu dengan platform lain. Untuk J2SE, misalnya SWT-AWT bridgeyang sampai sekarang tidak berfungsi pada Mac OS X.

  • Mudah didekompilasi
Dekompilasi adalah proses membalikkan dari kode jadi menjadi kode sumber. Ini dimungkinkan karena kode jadi Java merupakan bytecode yang menyimpan banyak atribut bahasa tingkat tinggi, seperti nama-nama kelas, metode, dan tipe data. Dengan demikian, algoritma yang digunakan program akan lebih sulit disembunyikan dan mudah dibajak/direverse-engineer.

  • Penggunaan memori yang banyak
Penggunaan memori untuk program berbasis Java jauh lebih besar daripada bahasa tingkat tinggi generasi sebelumnya seperti C/C++dan Pascal (lebih spesifik lagi, Delphi dan Object Pascal). Biasanya ini bukan merupakan masalah bagi pihak yang menggunakan teknologi terbaru (karena trend memori terpasang makin murah), tetapi menjadi masalah bagi mereka yang masih harus berkutat dengan mesin komputer berumur lebih dari 4 tahun.

KALIAN JANGAN LUPA:
1.JVM ada di dalam JRE dan JDK.
2.JRE untuk “menjalankan” program Java

3.JDK untuk “mengkompilasi” program Java
4.IDE untuk “membuat” program Java


ALLHMDULILAH akhirnya kita sudah mengetahui Apa itu JAVA, semoga dengan dibuatkannnya artikel ini bisa membantu dan menambah ilmu untuk kita semua ,... akhir kata wasalamu'alaikum wr.wb


oooohh iyhh.... jangan lupa kita lanjutkan lagi ke pembahasan selanjutnya yaitu tentang cara memulai pemrograman java.





ref: http://ismuhaji.blog.pcr.ac.id/2016/03/19/apa-itu-java/




Admin Semoga Informasi Yang Diberikan Melalui Web Ini Dapat Bermanfaat Bagi Saudara/i

No comments for "Pengertian JAVA-Belajar Pemrograman JAVA Pemula"