10 CARA AGAR JADI SINGLE PARENT YANG BISA BAHAGIAKAN ANAK




Harus menjadi orangtua tunggal (single parent) setelah perceraian atau kematian itu tidak mudah. Namun, tidak berarti tidak bisa dilakukan. Meskipun berat dan banyak tantangan yang harus dihadapi baik secara internal maupun eksternal, para wanita di dunia ini berkesempatan menjadi orangtua terbaik untuk anak-anaknya dengan 10 cara hebat berikut ini.

1. Menyesuaikan diri


Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan menyesuaikan diri terhadap keadaan yang tentunya tidak sama lagi seperti sebelumnya. Tetaplah fokus dan berpikir positif terhadap sesuatu yang terjadi, misalnya bahwa perpisahan yang dipilih memiliki manfaat untuk meredam ketegangan dan konflik pertengkaran di dalam rumah. Masih banyak harapan untuk masa depan yang bisa diwujudkan oleh orangtua tunggal.

2. Fokus pada anak


Terbiasa menjalani kehidupan rumah tangga secara utuh, namun karena ada satu atau dua hal yang memaksa wanita menjadi orangtua tunggal rasanya memang berat sekali. Namun, kita harus tetap memprioritaskan anak dengan mencurahkan cinta dan kasih sayang sebanyak-banyaknya pada mereka.
Ingatlah bahwa anak adalah bayangan orangtuanya. Jika orangtua bahagia, anakpun akan merasakan kebahagiaan yang sama. Begitupun sebaliknya, jika orangtua sedih, secara otomatis anakpun akan merasakan kesedihan tersebut.

3. Memilih pekerjaan yang tepat


Selain menjadi ibu, orangtua tunggal juga menjadi ayah di saat yang sama. Mereka dituntut untuk menjadi tulang punggung keluarga, karena alasan inilah sebaiknya para wanita harus memiliki pekerjaan dengan waktu yang fleksibel.

4. Jangan lupa meluangkan waktu untuk diri sendiri


Meskipun dituntut untuk lebih fokus mengurus segala sesuatunya sendiri, para single parent juga harus meluangkan waktu untuk dirinya sendiri agar terhindar dari rasa stress yang melanda. Sekali-sekali boleh menitipkan anak ke orangtua ataupun kerabat saat para single parent ini akan memanjakan diri mereka supaya tenaga dan pikiran lebih fresh kembali.

5. Jangan terlalu ambisius


Jangan terlalu keras pada diri sendiri dengan memaksanya untuk menjadi ibu yang super hebat, karena semua ibu telah terlahir sebagai orang terhebat di dunia. Jalani kehidupan ini dengan santai dan menikmati setiap momen yang ada. Tidak ada manusia yang sempurna, semua orang memiliki keterbatasannya masing-masing. Lakukan saja semuanya sesuai kemampuan yang dimiliki.

6. Membuat jadwal harian agar lebih teratur


Single parent dituntut untuk mandiri dan mampu menyelesaikan semua pekerjaan sendiri. Agar lebih teratur dan disiplin, cobalah untuk membuat jadwal kegiatan sehari-hari yang meliputi kegiatan anak dan kegiatan Ibu.

7. Perkenalkan sosok pria pada anak


Bagi single parent yang suaminya telah meninggal atau mantan suaminya tinggal jauh dari rumah, kenalkan dan dekatkan anak dengan sosok pria dalam keluarga, seperti kakek atau paman. Tujuannya agar mereka tidak melupakan hangatnya figur seorang ayah. Kalaupun ada single mom yang sedang dekat dengan salah satu pria, jangan lupa untuk terlebih dahulu memperkenalkannya pada anak dan membiarkan kedekatan mereka terjalin secara alami.

8. Jangan malu dan gengsi untuk meminta bantuan


Ketika sedang membutuhkan sesuatu, jangan malu dan gengsi untuk menerima bantuan dari orang lain. Melalui bantuan biasanya akan membuka jalan menuju kehidupan yang lebih baik. Asalkan saat meminta bantuan tidak memaksakan kehendak dan terkesan mengemis.

9. Mendukung impian dan cita-cita anak


Sebagai orangtua sudah sepatutnya untuk mendukung apapun yang menjadi mimpi dan cita-cita anak. Berjuanglah sekuat tenaga untuk mewujudkan impian dan cita-cita mereka. Terus dampingi anak-anak sampai mereka menjadi orang sukses suatu saat nanti.

10. Menjadi sosok panutan untuk anak


Hal yang harus selalu diingat para orangtua adalah anak selalu mencontoh apapun yang mereka lakukan. Tetaplah menjadi panutan terbaik bagi anak dengan menjauhi berbagai hal-hal yang membawa dampak buruk bagi mereka, seperti merokok, mengonsumsi alkohol, melakukan tindakan kriminal dan sebagainya. Terus bekali anak dengan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat meliputi norma agama, tata krama dan sopan santun.
Itulah 10 cara yang bisa dilakukan untuk bisa menjadi sosok single parent yang hebat. Jangan lupa untuk terus bersabar, berusaha dan berdoa, ya.



Sumber : https://www.ucnews.id/news/10-Cara-Biar-Jadi-Single-Parent-yang-Bisa-Maksimal-Bahagiakan-Anak/277570466019872.html?source=pc_guide

No comments for "10 CARA AGAR JADI SINGLE PARENT YANG BISA BAHAGIAKAN ANAK"