Belajar dasar logika informatika

Belajar Logika Informatika? apakah itu sulit ? ya memang iya sulit sih, apalagi yang namanya Logika? pasti rumit ini bakal pening otak-nya wkwkw sama aja belajar Matematika sih, pelajaran yang paling gue gak suka ! pada dasarnya sih semua yang belom kita pelajari itu nampak sulit sekali, belom apa-apa udah nyerah duluan? gimana mau bisa? yaitu pengalaman gue juga sih hehe , paling males kalo belajar yang itung-itungan apalagi ini pake Logika ? hadeeh males, yaudah yok kita bareng-bareng belajar Logika Informatika. sapa tau bermanfaat loh, buat modal kuliah IT juga ini.


LOGIKA

Dari bahasa Yunani logos Ilmu untuk berfikir dan menalar dengan benar (sehingga didapatkan kesimpulan yang absah). Manusia mampu mengembangkan pengetahuan karena mempunyai bahasa dan kemampuan menalar. Untuk dapat menarik konklusi yang tepat, diperlukan kemampuan menalar.

Kemampuan menalar adalah kemampuan untuk menarik konklusi yang tepat dari bukti-bukti yang ada, dan  menurut aturan-aturan tertentu.Logika bisa merupakan cabang filosofi dan bisa juga cabang dari matematikaLogika terkategori matematika murni karena matematika adalah logika yang tersistematisasi.


ARGUMEN
Usaha untuk mencari kebenaran dari pernyataan berupa kesimpulan dengan berdasarkan kebenaran dari satu kumpulan pernyataan.


Premis 
    Pernyataan.
Konklusi 
    Kesimpulan


Contoh
Jika anda belajar rajin, maka anda lulus ujian
Jika anda lulus ujian, maka anda senang

Jika anda belajar rajin, maka anda senang
Pernyataan 1 dan 2 adalah premis-premis dari argumen, sedangkan pernyataan 3 merupakan 

kesimpulan.
Perangkai  : Jika….maka… (If….then….)
Program komputer ini mempunyai bug, atau masukannya salah
Masukannya tidak salah
Program komputer ini mempunyai bug

Pernyataan 1 dan 2 adalah premis-premis dari argumen, sedangkan pernyataan 3 merupakan 

kesimpulan.
Perangkai : OR (atau)
Proporsi
Pernyataan atau kalimat deklaratif yang bernilai benar (true) atau salah (false), tetapi tidak keduanya.


Logika Proposisional
Logika yang menangani atau memproses atau memanipulasi penarikan kesimpulan secara logis dari proposisi-proposisi.


PERMAINAN 
“Gajah lebih besar daripada tikus.”
Apakah ini sebuah pernyataan? Ya
Apakah ini sebuah proposisi? Ya
Apakah nilai kebenaran dari proposisi ini? Benar

“520 < 111”

Apakah ini sebuah pernyataan? Ya
Apakah ini sebuah proposisi? Ya
Apakah nilai kebenaran dari proposisi ini? Salah

“y > 5”

Apakah ini sebuah pernyataan? Ya
Apakah ini sebuah proposisi? Tidak

Nilai kebenaran dari pernyataan tersebut bergantung pada y, tapi nilainya belum ditentukan.
Pernyataan jenis ini kita sebut sebagai fungsi proposisi atau kalimat terbuka

“Sekarang tahun 2003 dan  99 < 5.”

Apakah ini sebuah pernyataan? Ya
Apakah ini sebuah proposisi? Ya
Apakah nilai kebenaran dari proposisi ini? Salah

“Tolong untuk tidak tidur selama kuliah”
Apakah ini sebuah pernyataan? Tidak
Ini adalah sebuah permintaan.
Apakah ini sebuah proposisi? Tidak
Hanya pernyataanlah yang bisa menjadi proposisi.

“x < y jika dan hanya jika y > x.”
Apakah ini pernyataan ? Ya
Apakah ini proposisi ? Ya

… karena nilai kebenarannya tidak bergantung harga spesifik x maupun y.
Apakah nilai kebenaran dari proposisi ini ? Benar

CONTOH
Contoh 1. Semua pernyataan di bawah ini adalah proposisi:
    (a)  13 adalah bilangan ganjil
    (b)  Soekarno adalah alumnus UGM.
    (c)  1 + 1 = 2
    (d)  8  akar kuadrat dari 8 + 8
    (e)  Ada monyet di bulan
    (f)  Hari ini adalah hari Rabu
    (g) Untuk sembarang bilangan bulat n  0, maka
          2n adalah bilangan genap
    (h)   x + y = y + x  untuk setiap x dan y bilangan
            riil        


Contoh 2. Semua pernyataan di bawah ini bukan proposisi 
   (a) Jam berapa kereta api Argo Bromo tiba
         di Gambir? 
   (b) Isilah gelas tersebut dengan air!    
   (c)  x + 3 = 8
   (d)  x > 3                         


Kesimpulan: Proposisi adalah kalimat berita
    Proposisi dilambangkan dengan huruf kecil p, q, r, …. 
Contoh:
    p    :  13 adalah bilangan ganjil.
    q    :  Soekarno adalah alumnus UGM.
    r    :  2 + 2 = 4


Pelambangan
p : Anda belajar rajin
q : Anda lulus ujian
r : Anda senang


Argumen tersebut menjadi
1. Jika p maka q
2. Jika q maka r
3. Jika p maka r

p : Program komputer ini mempunyai bug
q : Masukannya salah

Argumen tersebut menjadi
A atau B
Tidak B
A


Jika lampu lalu lintas menyala merah, maka semua kendaraan berhenti.
Lampu lalu lintas menyala merah
Semua kendaraan berhenti

p : Lampu lalu lintas menyala merah
q : Semua kendaraan berhenti

Jika p maka q
p
q


MANFAAT LOGIKA
Berfikir/nalar > Penyelesaian masalah
Membantu setiap orang yang mempelajari logika untuk berpikir secara rasional, kritis, lurus, tetap, tertib, metodis dan koheren. Meningkatkan kemampuan berpikir secara abstrak, cermat, dan objektif. 
Menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan berpikir secara tajam dan mandiri. Memaksa dan mendorong orang untuk berpikir sendiri dengan menggunakan asas-asas sistematisMeningkatkan cinta akan kebenaran dan menghindari kesalahan-kesalahan berpkir, kekeliruan serta kesesatan. 

Mampu melakukan analisis terhadap suatu kejadian. Terhindar dari klenik , gugon-tuhon ( bahasa Jawa ).Apabila sudah mampu berpikir rasional,kritis ,lurus,metodis dan analitis sebagaimana tersebut point 1 maka akan meningkatkan citra diri seseorang.


Logika Informatika : ditulis oleh,
Himawat Aryadita
Prodi Teknik Perangkat Lunak
Universitas Brawijaya

sumber ebook : mariefh.lecture.ub.ac.id/files/2010/10/proposisi.ppt
Admin Semoga Informasi Yang Diberikan Melalui Web Ini Dapat Bermanfaat Bagi Saudara/i

No comments for "Belajar dasar logika informatika"