Pengertian Javascript Engine dan Runtime Environment

Apa sih Javascript Engine dan Runtime environment?


Javascript Engine bertugas untuk memparsing/membaca kode javascript kita agar bisa di baca oleh mesin/computer untuk kemudian di eksekusi dan hasil nya dapat terlihat oleh mata kita di browser atau di console.
Javascript Engine juga bertugas untuk mengatur mekanisme, prioritas dna urutan eksekusi dari kode javascript yang kita buat.

Contoh Javascript Engine yang populer adalah V8 Engine dari Google, ia dipakai oleh Node.jS dan browser Chrome. ada juga SpiderMonkey, javascript engine yang dipakai oleh Mozilla termasuk di Firefox dan produk-produk Mozilla lainnya.

Ada juga Chakra, javascript engine yang dibuat oleh Microsoft — ini dipakai di browser Edge. Javascript engine itu klo dibahasa pemrograman lain seperti Java, C/C++ adalah Compiler-nya.

Javascript runtime?

Adalah istilah untuk runtime environment di Javascript. Runtime environment itu ada di browser...tapi ada juga di Node.JS (Sebuah bahasa pemrograman yang ditulis dengan Javascript, sebenarnya ini sih kita bisa bilang Javascript Framework). Di browser, kita mampu mengakses memakai semua library built-in javascript seperti DOM API, Window Object dll saat kita eksekusi kode kita.

Nah klo di Node.js, saat runtime — kita dibisa mengakses library-library default yang disediakan Node.JS seperti library filesystem, buffer dll.

Bagaimana Javascript engine di Buat?

itumah terserah mau gimana, tergantung yang buat — si Google, Mozilla, Microsoft menulis Javascript Engine masing-masing — tapiii mereka harus mengikuti standar dialek atau spesifikasi dari bahasa Javascript itu sendiri. Sekarang, standar dialek Javascript
di pegang oleh organisasi ECMA International, mereka membuat standar Javascript dengan sebutan Kode: ECMAScript atau ES

Nah jika ECMAScript membuat/mengharuskan fitur-fitur baru/tertentu...maka yang buat Javascript engine seperti Google, Mozilla dll harus update tuh JS Engine nya biar sesuai dan kompatibel.

Jika mereka telat meng-update Javascript engine nya, maka akan membuat browser-nya tidak kompatibel dengan fitur-fitur baru itu.

No comments for "Pengertian Javascript Engine dan Runtime Environment"