Cara Install Python 3.7 Windows 10




Sekarang instalasi python di Windows 10 menjadi lebih mudah, karena pihak Python Software Foundation telah memutuskan untuk mengeluarkan paket instalasi python 3.7 secara resmi di Microsoft Store, paket instalasi tersebut dirilis bulan Desember kemarin.

Perusahaan Microsoft memang tahun lalu (2018) mulai mendukung beberapa proyek open source tak heran banyak publisher open source mulai menempatkan proyeknya di Microsoft Store, seperti Terminal Linux, Arduino Ide, HeidiSQL dll. 

Paket Instalasi Python di Windows 10 memang merupakan versi sederhana lebih cocok untuk pembelajaran, jadi tentu saja beberapa fitur masih ada yang belum stabil.  


Instalasi Python 3.7 


Python 3.7 di Windows 10, minimal dibutuhkan perangkat Windows 10 Build 17763.0 (Update Oktober 2018) atau lebih tinggi dan Arsitektur x64 (64bit).

Untuk instalasinya Buka Microsoft Store, cari Python 3.7 dengan Publisher Python Software Foundation, kemudian Install.

python 3.7 windows 10


Python 3.7 untuk Windows 10


Paket Python 3.7 di Microsoft Store memang saat ini masih tahap pengembangan jadi semua fitur yang ada di python masih belum stabil. Sehingga memungkinkan ada beberapa issue seperti yang disebutkan dihalaman website Docs Python :

(1) Berkas py.exe tidak bisa digunakan untuk membuka python. (2) karena pembatasan hak akses pada aplikasi di Microsoft Store, maka skrip python menjadi terbatas sehingga tidak memiliki akses penuh terhadap berbagi lokasi seperti TEMP dan Registry (Sumber : https://docs.python.org/3.7/using/windows.html#windows-store).

Dalam percobaan yang dilakukan, disini saya memiliki python versi 3.6.4 (32bit) dan setelah saya coba install python 3.7 yang ada di Microsoft Store berhasil berjalan dengan baik.

python shell 3.7 sutandione


Untuk penggunaan di CMD (Command Prompt), menjalankan python untuk versi Microsoft Store harus menggunakan perintah python3 kalau ada python versi lain yang terinstall.

command prompt pyhton3 3.7 sutandione

Untuk memasang library di python juga berbeda harus menggunakan akhirnya --user

install library pyhton 3.7 for windows 10 sutandione


Kesimpulan


Paket Python 3.7 pada Microsoft Store memang memberikan kemudahan dalam melakukan instalasi yang sederhana tanpa perlu banyak konfigurasi dan juga dapat menerima pembaruan otomatis dari developernya secara berkala, akan tetapi tidak semua fitur python dapat berjalan dengan stabil saat ini karena masih pengembangan, dan dari sisi pengguna juga tidak diberi kebebasan dalam memilih fitur python yang ingin di install.


Sekian dari Cara Install Python 3.7 di Windows 10.



Admin Semoga Informasi Yang Diberikan Melalui Web Ini Dapat Bermanfaat Bagi Saudara/i

No comments for "Cara Install Python 3.7 Windows 10 "