Laravel 5.8 Upload File dengan Dropbox API

laravel_dropbox_api_sutandione

Dropbox adalah sebuah media penyimpanan online untuk berbagai file atau berkas, di artikel ini saya akan membahas bagaimana membuat aplikasi laravel untuk mengupload berkas gambar ke Dropbox menggunakan laravel package yang disebut spatie/flysystem-dropbox. Paket modul tersebut akan berguna sebagai penghubung antara filesystem laravel dengan dropbox.


Kebutuhan yang diperlukan

----- Framework laravel versi 5.6 ke atas.
----- Database server yang sudah terinstall.
----- Akun Dropbox


Pengaturan Dropbox API


Sebelum kita terjun ke aplikasi laravel, pertama kali kita harus membuat Dropbox API di akun kita. Dengan cara membuatnya disini : https://www.dropbox.com/developers/apps/create . Pilih Dropbox Api, baru Pilih App folder, terakhir masukan nama aplikasi dan klik Create app.
dropbox_api_sutandione

Maka kita langsung diarahkan ke halaman settings API kita, masih di halaman yang sama klik generated access token, untuk mendapatkan token sebagai kunci mengakses API kita.

dropbox_api_sutandione


Membuat Aplikasi Laravel

Untuk membuat aplikasi laravel seperti biasa kita ketikan perintah ini di terminal.
composer create-project --prefer-dist laravel/laravel sutandione


Membuat Model, Migration, dan Controller


Setelah masuk ke folder projek "sutandione" yang dibuat tadi, kita harus membuat Model untuk menyimpan nama berkas kita ke dalam database untuk itu dibutuhkan juga Controller dan Migrations, berikut perintahnya :
php artisan make:model Berkas -mc


Model Berkas

Pertama kita akan ubah script model menjadi sesuai dengan kebutuhkan aplikasi kita, yang dimana memerlukan beberapa field yaitu : nama, ekstensi, ukuran.



Migration Berkas

Masuk ke bagian Migration disini untuk membuat table dan field yang ada di database, seperti yang ada di Model, kita akan menambahkan field tersebut.


Selanjutnya kita mengeksekusi Migration yang kita buat, tapi terlebih dahulu kita harus mengatur file .env yang berguna sebagai tempat konfigurasi aplikasi laravel. disini kita mengubah konfigurasi database kita sesuai menjadi :


Jangan lupa buat dulu database sesuai dengan nama DB_DATABASE, lalu kita jalankan perintah untuk membuat database.
php artisan migrate


Instalasi dan Konfigurasi Paket Modul


Sekarang melakukan instalasi spatie/flysystem-dropbox menggunakan composer.
composer require spatie/flysystem-dropbox

Selesai menginstall paket modul kita perlu setting di config/filesystems.php dan kita akan menambahkan driver baru untuk filesystem dengan nama dropbox, seperti dibawah ini.


Seperti yang dilihat kita menambahkan driver baru yaitu dropbox, disitu ada keterangan authorizationToken yang mengarahkan ke file .env kita, maka bisa kita tambahkan token yang kita dapat diawal ke file .env kita sekarang.
DROPBOX_TOKEN=Token_kita

Setelah menambah driver Dropbox, kita perlu membuat service provider untuk menjalankannya.
php artisan make:provider DropboxServiceProvider

Selanjutnya membuat Service Provider yang kita buat dikenali oleh aplikasi, sehingga harus menambahkan script di bawah ini ke config/app.php pada bagian Package Service Provider


Berikutnya tinggal ubah script DropboxServiceProvider menjadi seperti ini


Dengan ini kita sudah selesai mengintegrasikan filesystem dropbox ke aplikasi kita.


Berkas Controller

Pada bagian ini kita mulai dengan membuat Controller yang berguna sebagai pengatur hubungan antara Model dan View di aplikasi kita. Di dalam Controller aplikasi kita memiliki beberapa function atau fungsi yaitu : index,store,view,download,delete yang akan digunakan untuk callback dari Route kita nanti.


Routing

Route di laravel bertujuan untuk mendaftarkan URI kita sendiri agar bisa mengakses Controller aplikasi kita yang sebelumnya telah dibuat. Disini kita membuat 5 Route sesuai dengan yang ada di Controller.


Berkas View

Sampai pada bagian terakhir dari aplikasi laravel kita yaitu View, berbeda dengan function view yang ada di Controller yang berfungsi untuk menampilkan gambar, View yang ini berfungsi sebagai tampilan atau user interface dari aplikasi kita. Sebelumnya kita buat dulu file viewnya di folder resource/views, buat file dengan nama "index.blade.php" .


Selamat aplikasi kita sudah selesai tinggal jalankannya lewat terminal.
php artisan serve

Hasil akhir dari aplikasi yang dibuat

aplikasi_laravel_dropbox_api_sutandione

Sekian dari artikel Laravel 5.8 Upload File dengan Dropbox API, Semoga bermanfaat.
Admin Semoga Informasi Yang Diberikan Melalui Web Ini Dapat Bermanfaat Bagi Saudara/i

No comments for "Laravel 5.8 Upload File dengan Dropbox API"